Tips Memilih Homestay di Dieng atau Wonosobo

Mendapatkan homestay Dieng ataupun homestay Wonosobo bisa jadi mudah dan bisa jadi susah. Terkadang homestay Dieng yang Anda inginkan tidak sesuai keinginan mulai dari lokasi, fasilitas, kebersihan, ataupun kepekaan induk semang. Saat ini banyak homestay Dieng yang dapat secara bebas Anda pilih sendiri melalui media online atau internet. Kebanyakan dari homestay Dieng atau Homestay Wonosobo, mereka menawarkan produk homestay mereka via blog atau website yang bisa diakses secara mudah oleh siapapun setiap saat. Cara booking homestay Dieng/homestay Wonosobo memang sangat mudah yakni tinggal satu kali klik, melihat foto ruangan homestay, berminat, transaksi dan selesai. Agar para wisatawan tidak kecewa dengan homestay Dieng atau homestay Wonosobo yang telah Anda pilih, berikut beberapa tips bagaimana memilih akomodasi penginapan ketika hendak liburan ke Dieng.

homestay dieng

Pahami detail foto Homestay

Pertama kali yang dilihat ketika hendak melakukan booking penginapan baik homestay Dieng ataupun homestay Wonosobo ialah tampilan visual. Tampilan visual atau foto-foto homestay adalah hal yang sangat fatal dan biasanya menjadi pertimbangan utama ketika seseorang hendak booking. Bagus tidaknya foto homestay memang tergantung dari foto-foto yang ditampilkan. Memang terkadang foto tidaklah sesuai kenyataan. Akan tetapi Anda harus bisa memperkirakan keadaan homestay yang sebenarnya secara update. Contohnya bisa langsung menanyakan kepada pemilik homestay Dieng pin BBM atau nomor yang ada layanan whatsApp. Anda bisa meminta langsung untuk dikirimkan foto-foto kamar ataupun foto-foto fasilitasnya secara langsung sehingga akan mendapatkan gambar visual terupdate. Hal ini merupakan cara jitu agar tidak kecewa ketika memesan homestay Dieng secara online karena saat Anda check in suasana atau keadaan akan sama dengan apa yang telah diterima sebelumnya.

Pahami detail lokasi

Ada banyak homestay yang dapat dipilih ketika hendak mengadakan perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng. Dalam melakukan pemesanan homestay atau memilih homestay ada tips yang tidak boleh terlewatkan. Anda harus betul-betul memahami lokasi atau letak homestay. Adapun beberapa pilihan lokasinya yaitu homestay terletak di Dieng, homestay terletak di Wonosobo atau homestay yang terletak di Kecamatan Kejajar. Masing-masing lokasi homestay tersebut memiliki kelemahan dan kelebihannya. Kebanyakan orang yang belum pernah ke Dieng pasti akan memilih penginapan yang dekat dengan obyek wisata yaitu homestay Dieng. Homestay Dieng memiliki kelebihan dekat dengan tempat wisata, adapun kelemahannya ialah berupa di akomodasi makan yang kurang variatif dan bagi Anda yang tidak kuat akan udara dingin memang tidak direkomendasikan.

Pilihan selanjutnya ialah homestay Wonosobo. Dieng adalah sebagian dari wilayah Wonosobo, jadi ketika hendak menuju Dieng terlebih dahulu para wisatawan akan melewati kota ini yaitu kota yang terkenal akan kuliner khas mie ongkloknya. Kota Wonosobo ialah kota ternyaman di Jawa Tengah untuk istirahat karena udaranya sangat sejuk yaitu tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Ada banyak homestay di area Kota Wonosobo yang bisa dipilih ketika hendak melakukan perjalanan Dieng Tour. Kelebihan mencari homestay di Wonosobo ialah dekat dengan pusat kota, dekat pusat perbelanjaan ataupun aneka tempat makan seperti restaurant local ataupun international. Kelemahan memilih homestay di Wonosobo ialah agak terlalu jauh menjangkau objek wisata Dieng. Jarak menuju objek wisata Dieng kurang lebih 26 km dengan waktu tempuh 40 menit perjalanan.

Lokasi homestay ke-tiga ialah di area kecamatan Kejajar. Kejajar ialah kota kecamatan dari Dieng yang memasuki wilayah Wonosobo. Area Kejajar teletak di jalan raya Wonosobo-Dieng km.17, lokasinya tepat di pertengahan antara Dieng dan Wonosobo. Jarak menuju Dieng hanya 10 km dan dapat ditempuh dengan 15 menit perjalalanan. Kelebihan menginap di homestay yang ada di kejajar ialah tidak terlalu jauh dengan Dieng, bisa menikmati landscape pegunungan dan pertanian serta udaranya dingin.

lokasi memang menjadi bahan pertimbangan penting sebelum melakukan reservasi homestay Dieng atau Wonosobo. Sehingga Anda tidak akan merasa kecewa oleh letak penginapan yang Anda pilih

penginapan dieng wonsobo

Pahami Layanan dan fasilitas

Pahami layanan dan fasilitas yang didapatkan. Tanyakan sedetail-detailnya tentang apa yang menjadi hak Anda. Tipe homestay yang ada di Dieng/Wonosobo ada dua jenis yaitu tipe sewa 1 rumah dan sewa perkamar. Untuk homestay Dieng kebanyakan mereka menwarkan tipe homestay sewa per kamar. Harga yang dibandrol perkamar tentunya berbeda-beda ada yang murah dan ada yang mahal tergantung dengan penampilan kamar serta lokasi homestaynya mudah untuk parkir atau tidak.

Kemudian tipe homestay yang ada di Wonosobo mereka menawarkan dengan tipe homestay sewa 1 rumah. Homestay 1 rumah cocok untuk liburan keluarga, mereka bisa bebas menggunakan layanan dan fasilitas yang ada tanpa terhalang tamu lain. Biasanya homestay yang disewakan 1 rumah memiliki 2 kamar, 3 kamar hingga 8 atau 10 kamar lengkap dengan ruang tamu, ruang keluarga, lobby bahkan dapur jadi Anda bisa memilihnya untuk rombongan besar atau rombongan kecil.

Booking jauh-jauh hari untuk moment high season

Homestay Dieng atau Homestay Wonosobo kerap sekali ketika musim liburan tiba khususnya di hari lebaran, tahun baru, natal atau long weekend tidak bisa menerima permintaan penginapan dari para tamu-tamu wisata yang hendak liburan ke Dieng. Semua homestay baik di Dieng atau Wonosobo di hari besar tersebut sudah terbooking total oleh wisatawan, jadi jika Anda booking mendadak pasti tidak akan memperoleh penginapan. Tips berikutnya ialah Anda sudah benar-benar booking jauh-jauh hari untuk liburan tersebut agar mendapatkan homestay yang diinginkan untuk beristirahat ketika menyelenggarakan tour Dieng.

Jangan lupa kasih DP (uang muka)

Ketika booking penginapan berupa homestay Dieng atau Homestay Wonosobo, jangan melalaikan uang DP atau uang muka. Uang muka atau DP sangat penting ketika Anda melakukan reservasi penginapan karena sebagai tanda syah atau tanda jadi bahwa Anda telah benar-benar membayar dan simpanlah bukti transaksi hingga waktu check in tiba. Terkadang ada pemilik homestay yang lalai hal tersebut, jika Anda sudah booking dengan uang muka maka bukti akan kuat jika sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan contohnya homestay tersebut telah terbooking oleh orang lain Anda bisa menuntutnya.